Banyak orang atau mungkin termasuk anda yang merasa tertekan
dengan pekerjaannya. Melaksanakan pekerjaan kantor hanya sebagai rutinitas agar
dapat memperoleh penghasilan semata. Saat jam kerja, selalu menunggu jam makan
siang, jam pulang, hari libur, akhir pekan, atau tanggal gajian. Bila ini
terjadi, waktu mungkin terasa lama dan Anda enggan untuk bekerja. Bila Anda
belum atau tidak bisa mendapatkan pekerjaan lain, Anda dapat berusaha untuk
mencintai pekerjaan tersebut karena tentu akan lebih menyenangkan bila kita
mengerjakan hal yang disukai. Tetapi, bagaimana agar Anda dapat menyukai
pekerjaan yang membosankan itu??
Cara
Mencintai Pekerjaan
"Love Your Job But Never
Fall In Love With Your Company" — sebuah pernyataan umum yang
menganjurkan orang untuk mencintai pekerjaannya dan jangan mencintai
perusahaan. Mengapa? Karena sewaktu-waktu bisa saja perusahaan menyingkirkan
Anda kapan pun. Namun bagaimana cara mencintai pekerjaan Anda? Berikut ini beberapa
tips menarik untuk mencintai pekerjaan Anda.
Antusias
terhadap Pekerjaan
Bila Anda tidak menyukai
pekerjaan Anda, tentu tidak akan mudah bagi Anda untuk melaksanakan tugas-tugas
kantor. Anda akan merasa terbebani dengan tugas yang diberikan sehingga hasil
kerja tidak maksimal. Sebaliknya, bila seseorang mengerjakan sesuatu yang
disenangi tentu hal itu akan terasa menyenangkan, waktu terasa singkat, dan
Anda memiliki semangat untuk mengerjakannya. Misalnya, seseorang yang senang
menggambar akan antusias bila ditugasi untuk membuat desain rumah, menjadi
arsitek, atau pekerjaan lain.
Untuk itu, bersikaplah
seolah-olah Anda menyukai dan menikmati pekerjaan Anda. Beri perhatian penuh
pada apa yang sedang Anda kerjakan. Mungkin kelihatannya mustahil untuk menyukai
pekerjaan Anda sekarang. Tetapi, paksakan diri Anda untuk melakukan ini.
Tersenyum atau berdiri dengan tegak dapat membantu untuk dapat lebih bersikap
antusias. Hasilnya, Anda dapat merasakan benar-benar menyukai pekerjaan
tersebut.
Lakukan
yang Terbaik
Hindari menuda pekerjaan atau
bersikap masa bodoh atas hasil pekerjaan Anda. Ini dapat membuat Anda merasa stres akibat pekerjaan yang tidak selesai,
semakin menumpuk atau terkena omelan atasan.
Jangan melakukan pekerjaan dengan
asal-asalan tetapi berikan lebih dari apa yang diperintahkan. Tetapkan
prioritas pekerjaan agar pekerjaan yang penting bisa diselesaikan terlebih
dahulu. Anda juga dapat memotivasi diri Anda sendiri untuk memberikan yang
terbaik. Misalnya, Anda dapat mencatat waktu berapa lama Anda dapat
menyelesaikan pekerjaan atau hal lain untuk mengukur produktivitas. Kemudian,
tantang diri Anda untuk melakukan yang lebih baik lagi dalam tugas berikutnya.
Melakukan
Lebih
Bila mendapat tugas, jangan
merasa puas karena melakukan apa yang diharapkan. Nilai plus dari atasan dan
kepuasan bisa didapatkan bila Anda kreatif untuk lebih memperindah pekerjaan
Anda. Misalnya, dengan menambah informasi pendukung ketika ditugasi untuk
mengolah suatu data. Atau bila Anda menyukai teknologi tetapi Anda bekerja di
bagian akunting, Anda dapat mencari terobosan teknologi yang dapat membantu
Anda menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.
Lihat
Sisi Positif
Walau Anda merasa pekerjaan
sangat menjenuhkan, tidak pernah selesai, atasan yang galak, atau rekan kerja
yang menyebalkan, tetapi cobalah untuk melihat hal positifnya. Bandingkan
keadaan kita dengan orang lain yang tidak seberuntung kita. Bagaimana
orang-orang yang masih belum mendapat pekerjaan, orang-orang yang pekerjaan
lebih berat dari kita, atau bagaimana orang yang penghasilannya tidak sebanyak
kita.
Cobalah mengingat bagaimana saat
Anda berusaha mendapatkan pekerjaan ini, misalnya bagaimana saat itu Anda harus
naik kendaraan umum, bagaimana pertama kali Anda belum mengenal rekan kerja
lainnya, ketika Anda masih bingung dengan pekerjaan yang harus dilakukan.
Mengingat perjuangan ini dapat membantu Anda lebih mencintai pekerjaan.
Teruslah
Belajar
Tugas kantor terasa berat mungkin
karena Anda belum sepenuhnya mengerti. Seorang pekeja yang merasa berat saat
ditugasi membuat suatu pekerjaan, bisa jadi karena dia belum sepenuhnya
memahami konsep tentang pekerjaan tersebut. Misalnya seseorang ditugasi membuat
laporan di Excel dengan pivot table, tentu bukan hal yang biasa, tapi bisa
dipelajari.
Maka, untuk menambah pengetahuan,
Anda dapat mencari tahu lebih banyak dari Internet, buku, atau dari orang lain
yang lebih memahaminya. Bila memungkinkan, Anda dapat pula mengikuti
kursus-kursus. Cara lainnya adalah dengan memperhatikan contoh-contoh yang ada.
Dengan mengetahui lebih banyak, Anda akan lebih mudah melakukannya.
Beri
Penghargaan
Bila Anda tidak mendapatkan
penghargaan dari orang lain ketika Anda berhasil melaksanakan tugas yang
diberikan, Anda dapat memberikan penghargaan untuk diri sendiri. Anda dapat
memberi pujian untuk diri sendiri untuk target yang dicapai atau merayakan
keberhasilan Anda. Tentu saja, hal ini jangan dilakukan secara berlebihan.
Hindari sikap untuk membenci
pekerjaan Anda karena ini akan membuat Anda semakin tertekan, merasa stres dan
hasil pekerjaan tidak maksimal. Berusahalah untuk belajar mencintai pekerjaan
Anda untuk hasil pekerjaan yang lebih baik. Dengan hasil pekerjaan yang baik,
pekerjaan tidak menumpuk, Anda dapat memperoleh kepuasan, pujian dari atasan,
promosi jabatan dan bukan tidak mungkin memperoleh gaji yang lebih baik lagi.
0 komentar:
Posting Komentar