16 Oktober 2011

Hal - hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penggunaan Notebook !!!







1. Cara memasang adaptor yang benar, colokkan listrik dulu, baru dicolokan ke Notebook.


2. Bila anda memakai modem usb, merupakan sebuah keharusan untuk menambah kabel extention dengan kualitas KW 1 agar tidak intervensi ke VGA. Permasalahannya, banyak VGA mudah rusak terkena gangguan radio frekuensi dari modem. Modem juga harus dicabut dari notebook bila notebook kondisi mati. USB modem yang tetap menancap di notebook sangat beresiko terkena sambaran petir, karena arus 5 volt dari USB tidak pernah mati.

3. Hindari agar adaptor tidak jatuh/kena shock selama adaptor hidup. Karena mutu adaptor skrg lokal semua. Saat adaptor terkena goncangan, ada loncatan (flip 65volt). Adaptor dijual di Indonesia tidak sama dengan yang import. Semua adaptor tersebut buatan Indonesia.
Bahkan yang ada dalam dos laptop baru anda yang baru anda buka pun merupakan buatan Indonesia! Mau tahu harga adaptor yang asli? Antara Rp 850.000,00 - Rp 1.200.000,00 per unit. Adaptor only! Terbayang bukan?

4. Bila anda termasuk pengguna wifi yang aktif, biasakan sesudah memakai, segera matikan wifi. Terutama notebook dengan penampilan yang banyak memiliki lampu LED, seperti pada HP, Compaq, vaio, acer, toshiba, dll. Model-model tersebut, walau kondisi mati, mesin/mobo tidak mati total.

5. Cabut kabel AC bila notebook tak terpakai untuk menghindari loncatan arus/petir.

6. Penggantian/upgrade memori yang tidak benar juga akan merusak VGA. Ciri-ciri VGA mulai rusak, bila notebook dinyalakan, tampilan logo lama keluarnya. Karenanya, bila anda hendak upgrade memory sebaiknya mengganti dengan yang baru. Perhatikan modul, merk, jumblah IC dan FSB hrs sama. Jangan sampai FSB lebih besar/lebih kecil dari kebutuhan. Jangan pernah menambah DDR dengan ukuran berbeda!

Contoh:

1Gb + 2Gb (tidak boleh!)

Yang benar, contoh:

1Gb + 1Gb atau 2Gb + 2Gb


Khusus untuk notebook baru:

1. Notebook baru, harus dinyalakan dulu tanpa adaptor sampai baterai tingga 10%-15%

2. Matikan notebook & charge sampe penuh.

3. Ulang kembali langkah 1 & 2

4. Hal ini harus dilakukan hingga 8-10 kali. Bila tahap ini tidak dilakukan, maka umur baterai jadi lebih pendek & notebook akan mengalami banyak masalah setelah 1 tahun. Hal yang sama juga berlaku untuk penggantian baterai baru. Jangan pernah mengganti baterai dengan baterai refill, karena akan merusak automatic charger pada motherboard, dan adaptor juga jadi mudah rusak.


Hal lain, sekali-kali cek adaptor anda.

1. Cabut kabel AC dari adaptor

2. Hirup dalam lubang colokan AC pd adaptor, bila berbau sangit, segera beli baru sebelum motherboard anda rusak. Karena bila adaptor sangit, arus yg dikeluarkan bisa drop, sehingga motherboard harus kerja lebih maksimal. Kalau arus yang dikluarkan lebih, motherboard cepat panas, VGA mudah rusak, AutoThermal cepat rusak, Cooler Fan cepat rusak, baterai akan mudah short.

3. Hindari memakai laptop di atas lantai, karpet, kasur, atau taplak meja. Karena debu atau bulu halus dari bahan-bahan tersebut bisa masuk semua ke dalam. Akibatnya: 

Debu--> mengandung gram besi, motherboard mudah static dan akhirnya matot alias mati total.

Bulu--> membuat fan terlilit dan speed menurun.


4. Hindari meletakkan notebook panas di lantai sampai lama/sampai pagi. Karena saat notebook mati dan dingin, maka kelembaban tanah akan dihisap masuk ke dalam notebook dan motherboard cepat rusak, terutama keyboard akan konslet (bunyi tiiiit) dan keyboard tak normal/banyak key yg tdk jalan.

5. Hindari makan atau minum sambil bekerja dgn notebook. Rontokan snack bisa merusak keyboard karena menimbulkan jamur dan merusak karbon, bahkan tumpahan barang manis akan menghancurkan carbon pad keyboard.

6. Bekerja di atas kasur, bantal, taplak, paha, akan membuat temperatur notebook naik karena lubang di bawah tertutup & fentilasi terganggu. Motherboard bisa rusak.


Semoga hal ini dapat bermanfaat untuk anda pengguna noebook/leptop mania.....


Related Post:

1 komentar:

Tutorial PHP Website mengatakan...

Terima kasih atas artikelnya. Cukup menambah pengetahuan. :)

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes